Sabtu, 09 Januari 2016

Apa itu Pendidikan?

Terpuruknya pendidikan di Indonesia disebabkan oleh: 

1) Besarnya anggaran pendapatan belanja negara yang sekitar 20% untuk bidang pendidikan, namun tidak berbanding lurus dengan penciptaan peserta didik yang baik. Seperti yang kita lihat masih banyak tawuran para pelajar, tingkah laku para pelajar yang seolah dewasa sebelum umurnyapelajar yang memiliki tingkat intelektual yang tinggi namun beretika buruk, pelecehan seksual yang dilakukan oleh para pelajar yang dibawah umur, masih adanya perilaku menyontek dalam ujian, tindakan kekerasan anatar pelajar, dan masih banyak daerah tertinggal yang belum memiliki fasilitias pendidikan yang baik. Masih adanya daerah yang belum menikmati fasilitas listrik, dan internet sebagai penopang majunya pendidikan. Yang paling penting adalah anak-anak di daerah tertinggal belum memiliki mimpi dan cita-cita yang harus dimiliki oleh mereka sebagai bentuk motivasi dalam menggapai pendidikan yang baik.

2)  Banyaknya guru yang tidak kompeten
Sudah menjadi rahasia umum, bahwa banyak orang yang tdak sengaja menjadi guru. Dalam artian bahwa banyak orang yang dengan terpaksa menjadi guru, tanpa adanya kompetensi dan kesadaran sepenuhnya yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Jadi, dalam profesi sebagai guru, guru hanya bertindak untuk menggugurkan tanggung jawab dan tidak adanya usaha untuk memperbaiki dan menambah kapabilitas guru untuk menyiapkan generasi yang baik. Untuk itulah perlu adanya persiapan secara kognitif dan kesiapan secara mental dalam membentuk pribadi menjadi guru. Jadi yang perlu disiapkan adalah bagaimana mengintrospeksi diri agar bisa menjadi guru yang baik, dan motivasi apa yang anda punya untuk menjadi seorang guru. Hal inilah yang harus direnungkan bersama bagi Anda yang ingin menjadi pahlawan tanpa tanda jasa. 

3) Siswa yang tidak mau menerima pendidikan yang diberikan oleh guru. Maksud dari penjelasan ini adalah masih banyak para pelajar yang sebenarnya tidak ingin bersekolah dan akhirnya mempengaruhi siswa lain. Mereka ini adalah tipe siswa yang ketika ujian memutuskan untuk menyontek. Sangat menuntut hak dan tidak ingin bersusah payah dalam belajar. Siswa seperti ini adalah sebagian dari siswa di sekolah yang kita temui dengan labelitas sebagai siswa nakal. Tawuran di mana-mana dan melakukan tindakan kekerasan atau bullying kepada teman sekelas. Jika diperhatikan secara saksama bahwa siswa seperti ini adalah mereka yang kurang mendapatkan perhatian dari oang tua, bisa dikarenakan berasal dari keluarga broken home atau dikarenakan orang tua yang terlalu sibuk bekerja sehingga melupakan tanggung jawab terhadap anak. Sebagi solusi dari perkara ini perlu diadakan home schooling atau opsi lain sesuai dengan keinginan dari peserta didik. 

4) Banyak korupsi yang terjadi di tingkat pemerintah. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa dalam tiap tahunnya negara telah menganggarkan berbagai pembangunan dan usaha mendorong majunya dunia pendidikan. Sayangnya, dana pembangunan terkadang macet dan hilang pada instansi yang berkaitan. Sebgai bentuk usaha yang dapat dilakukan adalah perlu adanya kerjasama antara Kementerian Pendidikan dan lembaga KPK (Komisi Pemberatasan Korupsi) sebagai langkah pengawasan. Satu hal lain yang harus diperhatikan adalah perlu adanya upaya pengawasan dari masyarakat dan media untuk memantau sejauh mana usaha pembangunan pendidikan.  

5) Kurangnya pendidikan moral dalam diri peserta didik
Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa banyak peserta didik Indonesia yang memiliki kemampuan intelektual yang tinggi namun memiliki moral yang rendah. Bagi saya pembentukan moral dan segala hal yang berkaitan dengan pembentukan karakter peserta didik bukanlah dan tidak perlu diatur dalam sebuah mata pelajaran karakter. Karakter dan tingkah laku adalah sebuah penciptaan secara alamiah pada diri seseorang yang timbul karena melalui tahapan: seorang anak melihat dan mengamati karakter yang ada dalam lingkungan keluarga dan masyarakat. Apa yang dilihatnya kemudian melalui proses berpikir dan meniru. Hal inilah yang menjadi tugas utama bagi orangtua karena peranata pertama yang mendidik anak dan segala karakternya adalah oerangtua. Tahapan yang terakhir ini adalah pembiasaan dan pengulangan. Jika seorang melakukan kesalahan kemudian dinasehati orangtua dan ada efek jera di situ, maka hal yang salah tidak terulang. Namun, jika tingkah laku yang buruk tidak diperbaiki oleh orangtua dan menjadi kebiasaan, maka hal itulah yang akan menjadi karakter pesertadidik. Sedangkan di satu sisinya, para orangtua selalu menuntut agar anak mereka diperbaiki. Jika perangai anak tidak berubah, maka secara sadar orangtua selalu melemparkan kesalahan pada pendidik. Hal inilah yang selama ini terjadi. Jai, untuk itulah perlu kita sadari bersama dan perhatikan bahwa pembentuka karakter adalah tugas dari orangtua dan guru selaku orangtua di sekolah. Apabila tidak terjadinya kerjasama antara kedua belah pihak ini maka permasalahan seperti ini tidak akan selesai. 



APA itu PENDIDIKAN
Pendidikan dalam pengertian sederhana adalah suatu kegiatan penerimaan ilmu sehingga dengan ilmu yang didapatkan ini akan bermanfaat bagi kehidupannya kelak. Pemahaman pendidikan lalu berkembang seiring berjalannya waktu. Pendidikan kemudian terbagi atas pendidikan yang bersifat kognitif dan moralitas. 
Sejujurnya saya adalah pribadi yang tidak setuju dengan pembagian ini. Karena pada dasarnya pendidikan adalah sebuah usaha untuk membentuk pribadi peserta didik tanpa harus dilihat dari aspek nilai. Mungkin hal ini dinilai terlalu sulit untuk dilakukan karena hakekatnya dalam pendidikan akan ada pemberian nilai. Namun bagi saya bahwa pendiikan adalah penciptaan seorang peserta didik yang memiliki keseimbangan antara aspek moral dan kognitif. Peserta didik tidak hanya berprinsip belajar untuk mendapatkan nilai, namun mereka belajar adalah untuk menciptakan sesuatu yang pada akhirnya bisa mengubah Indonesia menjadi labih baik. 
Aspek  perbedaan pendidikan sekitar tahun 1950an-1980an dengan sekarang
1. Orientasi pendidikan 

Tidak dapat dipungkiri bahwa pada zaman dahulu, orientasi dari sebuah pendidikan adalah untuk membentuk peserta didik yang tidak hanya baik secara kademis, namun juga memiliki kualitas pendidikan moral yang baik. Karena dengan membentuk keseimbangan pendidikan ini maka akan tercipta generasi muda yang tidak liberalisme dan kapitalisme namun tetap memperhatikan sisi kemanusiaan.  Namun, jika dilihat di era sekarang ini orang begitu berbondong-bondong membentuk peserta didik hanya dalam batas akademik namun memiliki kepongahan dan kerapuhan dalam taraf sosial.

Tahap dalam kegiatan belajar

Dalam kegiatan belajar mengajar, seorang guru memiliki beberapa tahapan yang harus dilaluinya seperti mulai dari pendekatan pelajaran hingga ke inti proes belajar megajar. Berikut adalah tahapan kegiatan belajar mengajar: 

1. Pendekatan Pembelajaran
Pendekatan pembelajaran adalah  titik tolak guru terhadap kegiatan belajar mengajar. Dalam pendekatan ini gambaran kegiatanya masih bersifat sangat umum. 

2. Strategi pembelajaran 
Strategi pembelajaran adalah rancangan seorang guru atau pola umum mengenai kegiatan belajar dalam mencapai sebuah kompetensi tertentu. Dalam strategi pembelajaran terdapat 4 aspek yang menjadi dasar pertimbangan dan aspek ukuran:
*dalam strategi pembelajaran harus ditetapkan tujuan yang ingin dicapai  yaitu adanya perubahan  tingkah laku dari peserta didik. 
*setelah menetapkan kualifikasi tujuan, langkah selanjutnya adalah menetapkan pendekatan yang  sesuai agar tujuan yang telah ditetapkan pada bagian awal dapat dieksekusi dengan baik. 
*setelah menetapkan tujuan dari kegiatan pembelajaran dari sebuah kompetensi materi, diikuti  dengan memilih pendekatan dalam proses mengajar, langkah selanjutnya adalah  menentukan metode, dan teknik dari kegiatan mengajar yang merupakan eksekusi nyata  dari strategi.
*langkah konkret ahir dari sebuah strateig pendidikan adalah memberikan tolak ukur dari  tercapainya sebuah kegiatan belajar mengajar. 

Dari uraian langkah di atas, dapat kita simpulkan bahwa strategi pendidikan merupakan rancangan/ cara mengorganisasikan proses pelajaran peserta didik, alat dan bahan yang digunakan dalam kegiatana belajar mengajar, waktu yang dibutuhkan dalam kegiatan belajar mengajar, interaksi yang akan berlangsung dalam kegiatan belajar mengajar antara guru dan peserta didik, serta cara pengeksekusian kegiatan belajar mengajar tersebut. 
Perlu ditambahakan bahwa dalam kegiatan strategi pembelajarn dikenal juga dengan istilah desain pembelajaran. Jadi yang dimaksud dengan design pembelajaran adalah sebuah cara spesifik untuk mendesign sebuah lingkungan pembelajaran dengan detail setelah ditentukan strategi pembelajaranya. 

3. Metode pembelajaran
Metode pembelajaran adalah kegiatan nyata atau tindakan dalam mengeksekusi rancanga atau strategi pembelajaran. Metode pembelajaran lebih bersifat nyata dalam kaitannya dengan hal yang dilakukan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran atau kompetensi pembelajaran. 

4. Teknik pembelajaran 
Teknik pembelajaran adalah cara spesifik guru dalam mengaplikasikan metodenya sesuai dengan hal yang terjadi dalam kleas. Misalnya ketika dalam rancangan atau dalm strategi pendidikan seorang menggunakan metode ceramah. Dalam kelas yang bersiswa banyak dan sedikit, teknik penggunaan metodenyapun berbeda. 

5. Taktik pembelajaran
Atau dengan kata lain dapat dikatakan bahawa taktik pembelajaran adalah gaya seseorang dalam mengajar dalam menerapkan teknik pembelajaran. 

6. Model pembelajaran
Model pembelajaran adalah design secara garis besar kegiatan belajar mengajar dari awal hingga akhir atau dari tahap pendekatan pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, teknik pembelajaran hingga pada taktik pembelajaran. Dalam model pembelajaran terdapat berbagai jenisnya seperti:
*model pembelajaran sosial adalah model pembelajaran yang menekankan pada hubungan yang  seimbang antara guru dan peserta didik sehingga ada sisi pembelajaran sosial.
*model pembelajaran informasi lebih ditekankan pada aspek kognitif karena tujuan dari model  pembelajaran ini akan tercipta sisi kognitif yang baik yang pada akhirnya dapat menyerap  segala informasi dengn baik. 
*model pembelajaran yang berikutnya adalah pembelajaran humanistik. Bertitik tolak dari teori humanitas dijelaskan bahwa kegiatan proses belajar mengajar harus menciptakaan peserta didik yang memiliki keseimbangan antara emosional dan kognitif. Teori ini menjelaskan bahwa kegiatan belajar mengajar harus diciptakan dalam kondisi yang kognitif agar terjadinya pengembangan emosional dan intelektual. 

*model pembelajaran yang keempat adalah lebih menekankan pada aspek tingkah laku. Design model pembelajaran ini berupa pemberian tugas yang dilakukan secara terus menerus. Dengan pemberiaan tugas yang berkelanjutan diharapkan akan tercipta psikologis peserta didik yang berkarakter. Model pembelajaran ini disebut model behaviour.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar