Minggu, 22 Februari 2015

all about German

Blog tentang Negara Jerman
Kebudayaan:
Negara Jerman memiliki tingkat seni yang begitu tinggi. Hal ini terbukti dengan 300 teater tetap dan 130 orkes profesional antara Flensburg di utara dan Garmisch di se­latan. 630 museum seni rupa dengan koleksi serbaaneka yang bertaraf tinggi menurut ukuran internasional membentuk jaringan museum yang unik. Seni lukis muda juga sangat hidup di Jerman dan telah mendapat tempat di dunia internasional. Dengan sekitar 94.000 judul buku baru yang diterbitkan atau dicetak ulang tiap tahun,
Mengapa negara Jerman tidak dijuluki sebagai negara budaya layaknya Inggris dan Perancis. Hal ini ditengarai oleh sejarah zaman lalu. Ketika raja Wilhelm memimpin di abad ke 19 dan adanya paham nasionalisme pada masa kelam, hal ini terasa sangat angkuh sebagai sebuah bangsa dan akan terlihat begitu fanatik, itulah mengapa pemerintah menyerahkan urusan kebudayaan kepada negara bagian(federal). 
Salah satu contohnya adalah kota “Ruhrgebiet, di negara bagian Nordhein_Westfallen” yang dahulunya terkenal sebagai daerah tambang, kini telah mengubah dirinya menjadi “ibu kota budaya Eropa Ruhr 2010”. 
Sastra
Tidak hanya Inggris yang terkenal dengan sastranya yang tinggi seperti penghargaan Booker Prize, di Jerman juga terkenal dengan Deutscher Buchpreis, yakni penghargaan bagi para penulis buku ternama. Selain itu juga terdapat pameran buku internasional di Frankfurt yang mempertemukan seluruh penerbit internasional da pernh menjadikan Suhrkamp-Verlag dan Aufbau Verlag sebagai penerbit yang luar biasa hingga di erra ini. 
Adapun para sastrawan yang luar biasa, seperti J.K Rowlings, dan Brown, Cornelia Funke, hingga Daniel Kehlman sebagai sastrawan yang menempati posisi ternama di era penjualan buku terlaris. 
Di mancanegara dunia teater Jerman tidak jarang dicap sebagai ribut dan dilanda narsisme. Akan tetapi di belakangnya terdapat sistem yang sering dikagumi. Kota madya pun memiliki gedung pertunjukan untuk ketiga jenis seni panggung (sandiwara, opera, balet) yang menarik dari segi artistik. Sebagian besar di antaranya tergolong tipe teater repertoar, berarti daftar pertunjukannya mencakup beberapa karya pentas yang biasanya dibawakan oleh ansambel tetap. Secara keseluruhan terbentuk semacam panorama teater, sebuah jaringan rapat yang terdiri dari teater milik negara bagian dan kota, teater keliling dan teater swasta. Sumbangan masyarakat Jerman bagi teater cukup besar: bentuknya gagasan, perhatian dan subsidi. Banyak orang menganggap panggung-panggung sebagai hal mewah, mengingat pendapatan teater dari karcis masuk pada umumnya hanya mencapai sepuluh atau lima belas persen dari pengeluarannya. Akan tetapi sistem subsidi telah melewati titik kulminasi dalam perkembangannya dan sedang berada dalam tahap yang sulit, karena seni suka diukur dengan prasyarat materinya.
Peter Stein, tokoh unik dalam teater Jerman, adalah “sutradara kelas dunia” yang berbeda dari pengarah pementasan lain dengan menciptakan karya yang dapat dikenali melalui kontinuitas pengulangan motif, tema dan pengarang. Gaya penyutradaraannya mengutamakan teks. Antara angkatan seniman yang berteater sekarang dan tokoh seperti Peter Stein, Claus Peymann, direktur artistik Berliner Ensemble, atau Peter Zadek († 2009) terbentang jarak yang jauh. Perbendaharaan kata yang dipakai generasi mereka itu tidak cocok lagi untuk teater kontemporer. Pengertian seperti mencerahkan, mengajari, menelanjangi atau bercampur tangan berkesan usang. Penonton pun tak dapat dikagetkan lagi, provokasi di atas panggung biasanya berlalu tanpa sahutan dan sering tidak lebih daripada serangan terhadap klise usang yang dilancarkan dengan rutinitas. Teater angkatan muda tidak lagi mau menjadi “avant-garde”, melainkan mencari bentuk ekspresi tersendiri. Berkenaan dengan tren ini jumlah pertunjukan perdana karya dramawan kontemporer meningkat secara tajam sesudah pergantian abad. Terlepas dari mutunya yang sangat bervariasi, pementasan tersebut menunjukkan seluruh kebinekaan bentuk seni pertunjukan; drama tradisional bercampur dengan pantomim, tari, proyeksi cuplikan film dan musik menjadi paduan yang selalu baru. Tidak mengherankan kalau pementasan yang gayanya sering terbuka dan bersifat improvisasi itu umumnya disebut “instalasi dramatis” atau “adaptasi untuk panggung”.
Frank Castorf, kepala teater Freie Volksbühne Berlin, yang membiarkan teks sandiwara diutak-atik dan disusun kembali sesukanya menjadi salah seorang yang diteladani oleh generasi muda sutradara itu. Nama Christoph Marthaler dan Christoph Schlingensief juga menandai pandangan baru mengenai seni panggung dan pencarian kemungkinan ekspresi baru yang sesuai dengan globalisasi kapitalisme dan kehidupan yang didominasi oleh media elektronis. Michael Thalheimer dianggap sebagai ahli untuk tema yang sulit yang mengupas persoalan dengan melihat intinya. Armin Petras, Martin Kusej atau René Pollesch telah menciptakan bentuk pementasan yang mengutamakan gaya: cara bercerita tradisional dengan berpegang pada teks terasa agak asing bagi mereka. Terhadap sikap itu selalu diutarakan kritik, kritik yang seolah-olah membuktikan bahwa dunia teater penuh hidup, biarpun tidak sejiwa.
Teater sanggup bereksistensi terus meskipun ada penghancur karya drama seperti Frank Castorf, dan pada waktu yang sama dapat disorakinya interpretasi kesutradaraan teliti yang mengutamakan kesanggupan para aktor. Kebinekaan yang diperagakan setiap tahun oleh Pertemuan Teater Berlin dapat ditafsirkan di satu pihak sebagai ungkapan rasa bingung yang bertambah kuat, namun di lain pihak sebagai tanggapan dengan beraneka suara atas persoalan yang muncul dalam realitas masyarakat yang serba kompleks. Publik yang berperhatian
penuh akan memperoleh manfaat dari kebinekaan tersebut yang selalu memberi kunci baru untuk memahami teks yang seolah-olah sudah dikenal. Terserah apakah kebinekaan itu membingungkan, menjengkelkan atau menghibur kita, selalu diciptakannya gambaran baru mengenai hidup kita.

Musik – Spektrum Gaya yang Penuh Hidup

Nama baik Jerman sebagai negara musik yang penting tetap terkait dengan nama penggubah seperti Bach, Beethoven, Brahms, Händel dan Richard Strauss. Mahasiswa datang dari seluruh dunia untuk belajar di perguruan tinggi musik, pencinta musik mengunjungi festival-festival – dari Festival Wagner di Bayreuth sampai Donaueschinger Musiktage untuk musik kontemporer. Di Jerman terdapat
80 teater musik yang dibiayai oleh dana publik, yang terkemuka di antaranya gedung opera di Hamburg, Berlin, Dresden dan München serta di Frankfurt am Main, Stuttgart dan Leipzig. Orkes Filharmoni Berlin pimpinan dirigen Inggris terkenal Sir Simon Rattle dianggap sebagai yang terbaik di antara sekitar 130 orkes di Jerman. Kelompok “Ensemble Modern” di Frankfurt memajukan produksi musik kontemporer dengan mementaskan sekitar 70 karya baru per tahun, di antaranya 20 pagelaran perdana. Di samping dirigen yang dikenal di dunia internasional seperti Kurt Masur atau Christoph Eschenbach ada pemimpin orkes yang menonjol di generasi lebih muda, yaitu Ingo Metzmacher dan Christian Thielemann. Penyanyi dan pemain instrumen yang tergolong paling baik di dunia adalah Waltraud Meier, soprano, Thomas Quasthoff, bariton, dan pemain klarinet Sabine Meyer. Pemain biola Anne-Sophie Mutter tampil di muka publik yang sangat besar dan yang tidak selalu menikmati musik klasik saja. Violinis inilah yang menjadi bintang Jerman di dunia musik.
Sejak pertengahan abad ke-20, perkembangan musik kontemporer di dunia ikut ditentukan oleh pelopor-pelopor musik elektronis seperti Karlheinz Stockhausen († 2007) dan antipodenya yang mempertahankan tradisi, komponis opera Hans Werner Henze. Dewasa ini musik kontemporer memadukan beberapa gaya: Heiner Goebbels menghubungkan musik dengan teater, Helmut Lachenmann menelusuri kemungkinan ekspresi instrumen sampai ke batas ekstrem. Wolfgang Rihm menunjukkan kemungkinan perkembangan ke arah musik yang lebih mudah dipahami.
Di sisi lain spektrum musik ada penyanyi pop Herbert Grönemeyer yang tahu semangat zaman dan suasana hati penggemarnya. Sejak bertahun-tahun diraihnya sukses dengan lagu-lagu berbahasa Jerman. Grup musik punkrock “Die Toten Hosen”, formasi heavy metal “Rammstein” dan grup remaja “Tokio Hotel” juga tergolong kategori superstar Jerman. Selama beberapa tahun terakhir ini, seniman seperti penyanyi Xavier Naidoo (“Söhne Mannheims”) berhasil dengan mengacu pada gaya soul dan rap Amerika Serikat. Khususnya sebagai pembawa jenis musik ini ditemukan banyak pemusik muda yang berasal dari keluarga migran dan yang berhasil menjadi bintang, di antaranya Laith Al-Deen, Bushido, Cassandra Steen dan Adel Tawil. Sukses grup musik “Wir sind Helden” dari Berlin akhir-akhir ini menimbulkan gelombang pendirian grup musik Jerman muda. Pendirian “Akademi Pop” di Mannheim memperlihatkan kemauan politik untuk meningkatkan daya saing musik pop Jerman.
Dalam hal klub musik pun Jerman dapat membanggakan banyak lokasi tenar, terutama di kota besar seperti Berlin, Köln, Frankfurt am Main, Stuttgart dan Mannheim. Dengan adanya tren disko pada tahun 1970-an, rap/hiphop tahun 1980-an dan gaya techno tahun 1990-an, para DJ beremansipasi menjadi seniman nada dan produsen. Melalui teknik scratching, sampling, remix dan pemakaian komputer, piringan hitam berubah menjadi bahan baku untuk metamusik yang dapat diubah sesuka hati. Dua mahabintang klub musik pun datang dari Jerman, yaitu Sven Väth yang dijuluki “Godfather of Techno” dan Paul van Dyk.

Perfilman – Kisah Sukses dalam Gambar

Menjelang pergantian milenium muncul karya ceria yang membangkitkan dunia perfilman Jerman: “Lola rennt” (Lola Berlari, 1998) karya Tom Tykwer. Film komedi eksperimental mengenai Lola, si gadis berambut merah, mengenai nasib, cinta dan hal- hal kebetulan mencerminkan perasaan hidup di akhir tahun sembilan puluhan. Perjuangan Lola yang nekad berlari melintasi Berlin dengan melawan waktu diartikan di seluruh dunia sebagai kiasan ketergesaan zaman kita. Dengan “Lola rennt”, sutradara Tom Tykwer mendobrak pintu ke dunia perfilman internasional. Fase kemajuan untuk film Jerman dimulai. Untuk pertama kali sejak era apa yang disebut “film pencipta” dan masa berkaryanya tokoh Rainer Werner Fassbinder († 1982), pengamat di luar negeri kembali memperhatikan film Jerman yang meraih sukses internasional. Pada tahun 2002, Caroline Link menerima Hadiah Oscar untuk “Nirgendwo in Afrika”, trofi yang sama diraih 2007 oleh Florian Henckel von Donnersmarck untuk film perdananya “Das Leben der Anderen”. Festival Film Cannes pada tahun yang sama memberikan hadiah untuk skenario terbaik serta hadiah istimewa kepada Fatih Akin untuk film “Auf der anderen Seite”.
Pada awal milenium baru, sineas Jerman meraih sukses yang tak tersangka dengan film jenis komedi – seperti “Die fetten Jahre sind vorbei” (2004) karya Hans Weingartner. Sebaliknya, perhatian menjelang akhir dasawarsa pertama difokuskan pada film yang berbobot. Namun tema-tema tidak berubah. Film jenis tragikomedi “Good Bye, Lenin!” (2003) diputar dengan sukses di 70 negara lebih, sebab diperlihatkannya juga kegagalan sosialisme. Film karya Donnersmarck “Das Leben der Anderen” (2007) bertemakan kehidupan warga Jerman Timur di bekas RDJ di bawah pengawasan dinas rahasia Stasi.
Dengan nada berat yang mencekamkan, Fatih Akin, warga Hamburg bernenek moyang Turki, menggambarkan kehidupan di Jerman. Dalam drama “Gegen die Wand” (2004) yang antara lain meraih hadiah Goldener Bär pada Festival Film Berlin, Akin memaparkan kisah cinta dua insan Jerman-Turki dan keterombang-ambingan mereka antara dua kebudayaan. Presisi cerita film itu berkesan menyakitkan, tetapi tidak cengeng. Pada tahun 2007, dalam drama “Auf der anderen Seite” (Di Seberang), digambarkannya kisah enam orang di Jerman dan di Turki yang nasibnya saling bertautan. Juri Hadiah Film Jerman memberi empat penghargaan sekaligus untuk karya itu. Dengan “Soul Kitchen” (2009), Akin mengungkapkan apresiasinya untuk kota Hamburg, kali ini dalam bentuk komedi.
Film-film Jerman berhasil, karena ceritanya yang bersifat nasional dan penggarapan sinematografis dari cerita itu membahas tema universal. Namun materi yang diolah oleh para pembuat film, mereka angkat dari perkembangan dan perubahan di negara sendiri dan di jalan hidup masing-masing.

Seni Rupa – Tempat untuk Gagasan Baru

Sejak tahun 1990-an, seni lukis dan fotografi dari Jerman meraih sukses besar di dunia internasional. Apa yang disebut “keajaiban lukisan baru Jerman” dikenal di luar negeri sebagai “Young German Artists”. Para seniman berasal dari Leipzig, Berlin atau Dresden. Neo Rauch adalah wakil paling tenar dari “Mazhab Leipzig Baru”. Gaya mazhab tersebut ditandai oleh realisme baru yang berkembang – bebas ideologi – dari “Mazhab Leipzig” lama, yang termasuk lingkup seni rupa bekas RDJ. Lukisannya sering memperlihatkan orang-orang pucat yang seolah-olah menunggu sesuatu yang tak tentu. Motif itu dapat ditafsirkan sebagai pantulan keadaan di Jerman pada awal milenium baru. Apa yang disebut “Dresden Pop”, di antaranya Thomas Scheibitz, memetik unsur dari iklan dan dari estetika video dan televisi sambil bermain dengan estetika swakaji mengenai sini dan kini. Kebanyakan seniman generasi menengah menganggap pembahasan kritis mengenai nasionalsosialisme, seperti yang ditemukan dalam karya Hans Haacke, Anselm Kiefer dan Joseph Beuys, sebagai urusan masa lampau. Sebaliknya yang tampak di kalangan perupa ialah “kebatinan baru” serta penggarapan bidang-bidang pengalaman yang saling berbenturan: Karya-karya Jonathan Meese dan André Butzer mencerminkan depresi dan fenomena-fenomena obsesi; kedua perupa itu dianggap sebagai wakil “realisme neurotik”. Dengan karyanya “Mental Maps”, Franz Ackermann menggambarkan dunia sebagai desa global dan memperlihatkan musibah yang berlangsung di balik layar. Tino Sehgal menghasilkan karya seni yang eksistensinya terbatas pada waktu “performance”-nya dan yang tidak boleh direkam; ia mencari bentuk produksi dan bentuk komunikasi di luar batas ekonomi pasaran.
Besarnya perhatian kepada seni rupa di Jerman tercermin pula dalam pamerandocumenta yang diselenggarakan lima tahun sekali di Kassel sebagai pameran seni rupa aktual yang terkemuka di dunia; documenta 13 akan dibuka pada tanggal 9 Juni 2012. Berbeda dengan seni rupa – yang arti pentingnya digarisbawahi oleh pendirian sejumlah museum swasta baru – seni fotografi harus berjuang lama sampai diakui sebagai bentuk seni yang mandiri. Sebagai pelopor pada tahun 1970-an dikenal Katharina Sieverding dengan rangkaian potret dirinya yang menelusuri batas antara individu dan masyarakat. Terobosan terjadi pada tahun 1990-an dengan sukses yang diraih tiga murid dari Bernd dan Hilla Becher, pasangan suami istri fotografer: Dalam karya foto mereka, Thomas Struth, Andreas Gursky dan Thomas Ruff menimbulkan realitas mengilap yang menyembunyikan sesuatu. Pengaruh kelompok ini terhadap corak fotografi internasional begitu besar sehingga mereka dinamakan “Struffsky” saja.

Bahasa Jerman – Bahasa Asing yang Menarik

Bahasa Jerman tergolong ke-15 bahasa Germanika, suatu rumpun dalam kelompok bahasa Indogermanika. Bahasa Jerman merupakan bahasa ibu yang paling banyak penuturnya dalam Uni Eropa (UE) dan termasuk kesepuluh bahasa yang paling banyak dipakai di dunia: Sekitar 120 juta orang memakainya sebagai bahasa ibu. Sesudah bahasa Inggris, bahasa Jerman menempati posisi kedua sebagai bahasa asing di Eropa. Dewasa ini terdapat kurang lebih 17 juta orang di segala penjuru dunia yang belajar bahasa Jerman di institusi atau di sekolah. Kementerian Luar Negeri mendukung pengajaran bahasa Jerman di mancanegara, yang diserahkan kepada organisasi perantara: Goethe-Institut menawarkan kursus bahasa Jerman di 127 kota di 80 negara. Atas tugas Deutscher Akademischer Austauschdienst (DAAD) ditempatkan 440 dosen pada perguruan tinggi di 102 negara. Badan pusat untuk perguruan di luar negeri (ZfA) mengurus 135 Sekolah Jerman dan sekitar 1.900 guru Jerman yang mengajar di mancanegara. Usaha untuk memantapkan kedudukan bahasa Jerman sebagai bahasa asing di luar negeri dilancarkan oleh Kementerian Luar Negeri melalui proyek “Sekolah: Mitra Masa Depan” (PASCH). Tujuannya menciptakan jaringan yang terdiri dari 1.500 sekolah mitra.

Media Massa

Ada hal-hal khas dalam media Jerman. Termasuk di antaranya kedaulatan negara bagian di bidang kebudayaan dan penyiaran yang selalu ditekankan, dan eksistensi media publik dan media milik swasta secara berdampingan, suatu hal yang tidak umum di dunia internasional, tetapi yang biasa dalam konteks Eropa. Dalam hal kebebasan pers dan kebebasan berpendapat, Jerman mendapat tempat yang sangat baik dalam perbandingan internasional. Ada pluralisme pendapat dan pluralisme informasi. Pers tidak berada di tangan pemerintah atau partai, melainkan di tangan perusahaan media yang bersifat swasta. Dalam rangka demokratisasi Jerman seusai Perang Dunia II telah dibentuk badan penyiaran publik menurut contoh Inggris (BBC). Badan penyiaran tersebut didirikan sebagai badan umum yang dibiayai oleh iuran (atau lembaga berdasarkan hukum publik). Dalam dasawarsa 1980-an, badan penyiaran tersebut mulai mendapat persaingan oleh sejumlah badan penyiaran televisi swasta.
Di Jerman, kebebasan pers dan kebebasan berpendapat dilindungi undang-undang dasar. Pengertian konstitusional mengenai kebebasan pers dan komunikasi terungkap dalam Pasal 5 Undang-Undang Dasar yang berbunyi, “Setiap orang berhak mengutarakan dan menyebarkan pendapatnya dalam kata, tulisan dan gambar, serta berhak memperoleh informasi dari sumber-sumber yang terbuka untuk umum tanpa dihalangi. (…) Sensor tidak dilaksanakan.”
Struktur media Jerman dapat diterangkan secara umum dengan persyaratan khusus yang bersumber pada sejarah Jerman. Rangkaian perombakan yang terjadi pada abad ke-20 dialami oleh Jerman dalam jangka waktu yang masing-masing mencakup kurang dari 30 tahun – demokratisasi, Perang Dunia I, Republik Weimar, “Reich Ketiga” dan Perang Dunia II, konflik Timur-Barat dan Perang Dingin, pemberontakan mahasiswa dan reunifikasi. Semua perombakan itu selalu berhubungan pula dengan sebuah aspek media, bahkan tidak akan dapat terjadi tanpa adanya media massa.

Media Pers

Di samping buku sejak 500 tahun sudah terdapat media cetak lain, yaitu surat kabar dan majalah, yang struktur dasarnya relatif masih sama walaupun senantiasa dilakukan modernisasi isi, bentuk, dan cara distribusi, dan meskipun selalu muncul media baru. Sama seperti dahulu, pers berarti analisis yang mendalam dan laporan mengenai latar belakang peristiwa, inisiatif melontarkan tema, dan penilaian. Dengan merosotnya keyakinan ideologis yang berpautan dengan spektrum kiri kanan yang klasik, penggolongan organ pers menurut haluan politik menjadi tidak begitu tegas lagi. Beberapa judul tetap dinilai sebagai berpengaruh, seperti harian-harian supraregional bermutu “Frankfurter Allgemeine Zeitung” dan “Süddeutsche Zeitung”, serta surat kabar mingguan “Die Zeit”.
Pasaran surat kabar Jerman ditandai oleh sejumlah besar judul yang berbeda-beda serta diferensiasi menurut daerah. Ada 335 harian lokal dan regional yang terbit di samping pers supraregional dengan 10 judul; di samping 10 surat kabar bermutu terdapat 9 harian eceran yang lebih condong kepada pers kuning. Dalam kategori terakhir itu, harian “Bild” dengan tiras terjual sebesar 3,2 juta eksemplar memegang peranan khusus sebagai satu-satunya koran eceran supraregional. Tiras total dari ke-350 lebih surat kabar harian yang terbit di Jerman mencapai 25 juta eksemplar sehari. Namun pembiayaan pers harian sedang mengalami tekanan: Kebiasaan membaca koran berkurang di kalangan muda, pendapatan dari iklan, sumber modal kerja paling penting bagi pers, menurun secara tajam akibat krisis ekonomi global 2008/2009; dan sebagai sumber beberapa jenis isi kini lebih disukai internet yang telah menjadi media utama bagi hampir semua golongan umur. Sementara ini hampir 70% penduduk Jerman memakai internet; jumlah yang sama membaca surat kabar harian secara teratur.
Di pasaran majalah Jerman selama beberapa tahun terakhir ini di samping majalah umum yang sudah mapan semakin banyak muncul majalah “minat khusus”. Segmen majalah umum yang meliputi sekitar 1.500 judul, secara keseluruhan mencapai tiras kurang lebih 114 juta, dihitung menurut jumlah rata-rata per triwulan. Tergolong majalah dengan sidang pembaca paling besar antara lain  “Stern” dan “Der Spiegel”, media yang merupakan bagian aktif dari diskusi kemasyarakatan, ataupun sendiri pernah menjadi tema perdebatan penting. Dalam hubungan ini “Der Spiegel” menonjol sebagai majalah politik yang kiranya berpengaruh paling besar di masyarakat di antara publikasi mingguan untuk jangka panjang.
Penerbit majalah umum terbesar ialah Heinrich Bauer Verlag, Axel Springer Verlag, Burda, dan Gruner+Jahr yang termasuk Kelompok Bertelsmann. Springer dan Bertelsmann pada waktu yang sama memiliki beberapa badan penyiaran radio dan televisi yang sukses, dengan menghasilkan omzet sebesar miliaran Ero. Adanya berbagai jenis media di satu tangan itu menimbulkan diskusi mengenai konsentrasi media dan konsentrasi opini yang melampaui batas media. Namun sudah ada suara sekarang yang menganggap bahwa pluralisme pendapat tersedia secara otomatis dengan adanya internet. Di samping portal dari media cetak yang sering dikunjungi, seperti Spiegel.de, bild.de atau FAZ-Net, di web dapat ditemukan aneka situs berisi berita dan opini. Bahaya yang dihadapi perusahaan penerbitan, media cetak dan tampilan di internet saling merongrong, walaupun hanya sebagian kecil dari sidang pembaca/pengguna terdiri dari orang yang sama. Di pihak lain campuran antara sumber informasi yang melembaga dan yang informal menjamin kebinekaan. Sesuai dengan hal itu, tantangan terbesar bagi jurnalisme bermutu di media cetak bukanlah kecenderungan monopoli, melainkan persoalan pembiayaan kembali medianya. Akan tetapi jurnalisme bermutu tidak selalu dan tidak mutlak terkait dengan media cetak. Buktinya ada contoh di internet seperti theeuropean.de.

Internet dan Media Sosial – Jagat Raya yang Baru

Dengan adanya internet, perbatasan antara berbagai jenis media, antara komunikasi yang melembaga dan yang informal, tidak tegas lagi. Hal itu berarti juga kaburnya perbatasan antara komunikasi individual dan komunikasi massa, artinya antara komunikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan pribadi dan komunikasi yang ditujukan kepada semua orang. Pada waktu yang sama hasil karya wartawan profesional disertai dengan sumber awam – termasuk di media cetak: ada tulisan “reporter pembaca”, foto yang diambil dengan kamera digital atau ponsel yang ada di mana-mana, dan karangan opini dari pengguna internet yang berminat. Dilihat dari sudut itu, jurnalisme kontemporer bersifat terpadu dan interaktif dalam berbagai segi.
Memang produk-produk pers dan media penyiaran tradisional yang diolah secara profesional, biarpun berbentuk baru, tetap memegang peranan sentral pada isi media. Akan tetapi semakin banyak orang, terutama generasi muda, menganggap web sosial alias “community” lebih dapat dipercaya dan lebih atraktif. Di antara media web yang paling sukses termasuk jejaring-jejaring komunitas berbahasa Jerman Facebook, MySpace, StudiVZ dan SchülerVZ. Bersama dengan blog dan platform mikroblogging seperti Twitter, jejaring tersebut membentuk khalayak ramai digital yang tumbuh dengan pesat dan yang semakin berperan aktif dalam pembentukan pendapat umum.

Badan Penyiaran – Sebuah Sistem Ganda

Keanekaragaman media massa masih tetap tercermin dalam badan-badan penyiaran radio dan televisi tradisional. Awal mulanya pada tahun 1920-an (radio) dan 1950-an (televisi) sebagai programa yang disiarkan oleh badan publik. Mulai akhir tahun 1980-an spektrum itu diperluas dengan berkembangnya sistem ganda yang mencakup badan penyiaran publik dan badan penyiaran swasta. Sekarang terjadi persaingan antara kurang lebih 430 badan penyiaran radio yang umumnya bersifat lokal atau regional.
Televisi di Jerman dapat dibedakan menurut wilayah jangkauan, supraregional atau regional, dan menurut jenis tayangan, programa lengkap atau programa spesifik. Bila dibandingkan dengan pertelevisian di Eropa dan di bagian dunia lain, Jerman memiliki beberapa di antara badan penyiaran terbesar, baik yang publik, dibiayai oleh iuran, (ARD dan ZDF) maupun televisi swasta yang gratis (RTL, SAT.1, ProSieben) serta teve swasta langganan, sky. Programa-programa lengkap menayangkan seluruh rangkaian isi dari genre yang ada, dari siaran berita, film, serial dan show hingga olahraga. Programa spesifik dibedakan menurut saluran berita (n-tv, N24), musik (VIVA, MTV) dan olahraga (DSF). Tergantung dari modus teknik (terestris, satelit, kabel, pita lebar, mobil) dan dari jenis sinyal (analog atau digital), pemirsa dapat menerima sampai ratusan programa berbahasa Jerman dan siaran internasional, seperti CNN, BBC atau TV5, di samping itu lebih dari 20 siaran nasional dari badan penyiaran publik. Programa televisi tersebut mencakup kedua saluran nasional utama, ARD dan ZDF, serta sejumlah programa yang diproduksi secara regional, tetapi disiarkan di seluruh Jerman, seperti WDR, MDR dan BR. Di samping itu ada televisi khusus, seperti saluran dokumentasi Phoenix, atau kanal KIKA khusus untuk anak-anak. Pilihan siaran itu diperluas lagi dengan adanya tiga badan penyiaran internasional, yaitu Deutsche Welle (DW-TV), stasiun Jerman yang melayani pemirsa di luar negeri, saluran Jerman-Perancis arte, dan saluran budaya Jerman-Austria-Swis 3sat.
Di samping tugas menjamin pelayanan informasi pokok serta spesifikasi acara siaran yang ditentukan oleh undang-undang, badan penyiaran publik mempunyai kewajiban penting lain, yaitu memelihara ketaktergantungan di bidang politik dan ekonomi. Kegiatan badan penyiaran tersebut dalam menyertai programa dengan tayangan di internet cukup menarik juga. Namun di sini selalu dapat timbul konflik dengan televisi swasta yang khawatir akan adanya persaingan tak seimbang, kalau pengaruh “badan bersubsidi” di pasaran menjadi terlalu kuat. Tekanan bagi badan penyiaran publik bertambah lagi oleh kenyataan bahwa jumlah orang muda yang menonton acaranya terus menyusut. Biarpun sikap pengguna dipengaruhi, untuk sebagian secara kuat, oleh internet dan komunikasi mobil: Rangkaian media tradisional di Jerman masih tetap tergolong yang paling beraneka ragam dan kaya akan faset. Bebas dan pluralistis, menjaga mutu dan menghibur, berorientasi nasional dan internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar