Minggu, 08 Februari 2015

Bingkai Hidupnya

Ini adalah cerita pertama ku dalam blog ini. Saat itu jam menunjukan pukul 17.35, dengan cuaca hujan dan petir yang sesekali mengirimkan cahaya terang masuk ke dalam kamar yang disertai dengan bunyi yang bisa dikatakan lumayan memekikan telinga. Saat itu aku masih kecil, aku kurang ingat berapa usia ku waktu itu. Tapi yang tepatnya aku belum bersekolah. Aku memiliki tetangga, mereka sudah ku anggap seperti keluarga ku sendiri. Anak mereka memiliki usia yang tak jauh berbeda denga usia kedua kakak ku dan aku. Nama ayah dan ibu mereka, Micahel dan susi. Anak pertama mereka bernama Laras, si cantik yang kedua biasa aku panggil Leni, dan adik mereka yang imut bernama Nayla. Aku sering sekali tidur di rumah Nayla, kami bagaikan kembar. Kemana-mana selalu bersama, hingga suatu saat aku baru menyadari bahwa aku bahkan bisa merasakan semua perjalanan hidup keluarga mereka karena kedekatan ku dengan  keluarga Nayla.
Ketika hendak masuk usia sekolah, sebut saja 6-7 tahun, aku tersadar bahwa Nayla tidak memiliki Ayah. Dia meninggalkan keluarganya sekitar Nayla berumur 3 bulan. Ketika itu aku tidak mengetahui sebenarnya ayah itu apa dan fungsinya. Semakin kami banyak berteman, semakin status itu menjadi bahan pergunjingan. Lambat laun terkuak bahwa ayah Nayla merantau entah kemana dan tak pernah mengirimkan berita. Anda pasti tahu bahwa menjadi single parent dengan status suami yang tak kunjung muncul adalah sebuah beban. Tidak hanya masalah pergunjingan para ibu-ibu namun lebih pada masalah kejelasan status. Anda tak mungkin bisa kawin karena anda belum diceraikan, begitu juga anda tidak bisa dikatakan berstatus istri karena sosok suami tak pernah ada. 
Ibu Nayla menjalani hidupnya dengan biasa. Tak ada keluh kesah untuk meminta serai atau mengatakan hal-hal yang seolah menjelaskan kepada anak-anaknya bahwa mereka harus dikasihani. Susi, single parent ini seolah tak memperdulikan apa kata dunia, dia membesarkan anaknya dengan segala kekuatan yang dimilikinya. Tak pernah sekecil apapun dia meminta bantuan kepada orang tuanya untuk menghidupi anak-anaknya, dan juga meminta belas kasihan kepada orang lain. Dia selalu menghidupi keluarganya dengan kerja kerasnya sebagai penenun. Entah apapun caranya, meski harus bekerja siang dan malam, memejamkan mata 8 jam sehari, makan dengan lauk apa adanya, bahkan hanya sekedar nasi dan sambal pun, Susi tak pernah menyerah. Dia mengatakan bahwa selagi kita diberi napas oleh Allah, maka berusahalah hingga apa yang kita impikan tercapai. Allah tidak akan membrikan cobaan pada manusia melebihi batas kekuatannya dan jangan pernah kita menjauh dari Allah, karenaa pada Allah kita berserah. Singkat kata bahwa Susi tak pernah menyerah dengan keadaan hidup yang begitu susah. 
Hari terus berjalan, hidup mengalir bagaikan sungai yang mencoba mengikis batu. Tiba saatnya anak-anaknya harus bersekolah. Laras, dan Leni harus masuk sekolah. Umur mereka hanya terpaut 2 tahun, 7 dan 5. Laras adalah sulung yang emosional, amat menyayangi keluarga, dan sedkit sentimental. Leni adalah feminin yang selalu bekerja keras, dan berpikir praktis. Layaknya angin yang berhembus dalam malam, dingin mencekam yang menusuk kulit dan tulang-tulang dalam sebuah gubuk reot, seperti itulah hidup mereka. Bertahan dalam kesederhanaa, pakaian apa adanya, sering dicemooh karena rumah mereka yang begitu kecil dan dipenuhi ayam-ayam peliharaan, berteman dengan tikus ketika tidur, dan harus berjualan makanan tiap pagi sebelum beranagkat sekolah guna menghidupi kebutuhan mereka, bahkan harus berjualan di sekolah, agar mereka memiliki uang jajan. Tak ada yang malu  melakukan hal ini. Entah Laras ataupun Lusi. Pribadi mandiri, kerja keras, perlhan terbentuk dalam diri. Angin malam terus bergulir, membawa mereka pada usia yang semakin tua.  Kini mereka memasuki usia mahasiswa, 19 tahun. 
Semakin lama, semakin saya tersadar bahwa saya melewati kisah hidup dari keluarga yang begitu luar biasa. Tidak bermaksud mengeluarkan sebuah hiperbola, tapi ini adalah nyata. Ketika mereka menempuh kulia, hidup mereka dipenuhi dengan lika-liku. Harga bahan pokok semakin mahal, biaya hidup semakin tinggi. Ibu mereka divonis katarak dan segera dioperasi, sedangkan usaha ayah mereka mengalami cobaan yang tak terelakan. Ditangkap polisi, sehingga semua usahanya harus dihentikan. Anda bisa bayangkan, bagaimana berada dalam posisi itu. Leni pernah memutuskan untuk berhenti kuliah karena takut akan menghalangi kakaknya berkuliah. Lagi dan lagi, ibunya mengatakan bahwa jangan pernah hilangkan cita-cita kalian hanya karena kita tidak memiliki uang. Tak ada urusan duniawi yang tidak bisa kita kerjakan. Maka, dengan semua badai hidup yang menerjang, akhirnya Laras dan Leni sekarang berhasil menuntaskan kuliah. Laras menjadi guru di sebuah SMA ternama di tempat kelahiran mereka, begitu pula Leni yang sekarang menjadi seorang dosen. Keberhasilan yang mengharukan. Tapi, dari itu semua, ada hal yang ingin saya ulangi bahwa teman hidup kita sebenarnya adalah masalah hidup kita sendiri. Entah di manapun kita melangkah, sejauh, dan sehebat apapun, kita adalah manusia, makhluk tuhan yang akan selalu berhadapan dengan cobaan hidup. So, tegakan kepalamu dan tersenyumlah untuk hari esok. Karena, kita tidak memiliki banyak waktu untuk memikirkan, kegagalan. Tapi, kita punya kesempatan untuk berhasil.
Mengenai kedua saudara tersebut telah saya ceritakan, dan selanjutnya saya akan menceritakan sosok Susi, si wanita tangguh yang saya kenal baik. Tetangga saya yang luar biasa tersebut. Saya kurang tahu, berapa tepatnya usia ibu dari Nayla. Tapi, dari perawakannya mungkin saya tebak bahwa usianya adalah sekitar 55 tahun, sedangkan suaminya berkisar 50 tahun.  Michael adalah sosok suami yang pekerja keras,, baik kepada siapapun, sayang keluarga, meskipun galak, perokok berat, peminum kopi kelas berat, dan selalu berbicara dengan nada yang kasar. Itulah sosok michael yang saya kenal dengan baik. Meskipun saya hanya mengamati melalui sisi luarnya, namun hal itu juga yang sering Nayla katakan mengenai ayahnya. Dari sisi yang bisa kita katakan sebagai bapak yang kejam dan tak ramah, ada hal yang mungkin orang tak akan pernah percaya, bahwa dia adalah bapak yang luar biasa. Dia rela melakukan apapun asalkan anaknya bahagia, dia melakukan apapun asalkan anaknya bisa mendapatkan sekolah yang layak. Singkat kata bahwa sekejam apapun ayah, dia tetaplah ayah yang akan selalu berusaha membahagiakan anaknya. Sekejam apapun ayah, dia adalah orang yang akan berada di garis depan ketika anaknya sakit, sekejam apaun ayah, dia adalah sosok yang telah membesarkan mu hingga kau bisa mengganti baju mu sendiri, dan menikmati apa artinya pacaran, sekejam apapun ayah, dia adalah sosok yang berdiri tegak ketika badai keluarga datang, walaupun angin malem datang, sekejam apaun ayah, dia adalah orang yang akan selalu mengharapkan kebaikan buat anaknya, walalupun kita selelu mebuat ayah merasa rugi merawat kita dan anak selalu mendurhakai ayah. Sekejam apapun ayah, dia tetaplah ayah, karena orang hanya memiliki 1 ayah, orang hanya memiliki 1 ayah yang ketika meninggal, kita pasti akan mengeluarkan air mata. Singkat kata bahwa,”jangan pernah mengatakan bahwa kita terlamabat menyayangi ayah kita, dan jangan pernah mengatakan untuk, maaf ayah jika selama ini aku berbuat salah, dan janga pernah menyesal untuk mengatakan bahwa, ayah terima kasih untuk semua yang kau berikan, jadikanlah aku pribadi anak yang baik, yang akan membersihkan kakimu kelak, ketika kau hanya terbaring di kasur, aku akan merawat mu ketika kau merasakan keriput di wajahmu, dan kau akan mengatakan bahwa, aku tak pernah menyesal telah melahirkan, mu, anak ku....:)
Berikutnya adalah mengenai susi. Sejujurnya saya begitu kagum dengan sosok ibu ini. Luar biasa! Yupss,,,sosok yang sempurna. Yang jelas, dia adalah pribadi yang bisa menjadi inspirasi buat saya. Wanita yang tangguh, disiplin dalam segala hal, baik hati, rajin, kerja keras, sayang keluarga, pemaaf, murah hati, dan tak pernah takut kepada siapapun, hanya ada 2 hal yang ditakutinya di dunia ini, yakni, ALLAH S.W.T, dan kedua orang tuanya. Dia akan berusaha sekuat tenaga jika jal itu benar, dan tak akan melakukan hal salah, dan merugikan orang lain... Itulah mengapa, aku selalu ingin SEPERTI DIA. Tak ada yang tak ppernah mungin, tak ada yang tak bisa jika kita bernar-benar ingin berusaha. Pasti bisa....:)
Dari semua hal indah yang saya ceritakan, tak akan pernah ada kesempurnaan sejati. Hidup mereka tak semulus yang dibayangkan. Selalu ada perkelahian, selalu ada kata-kata menyakitkan yang terlontar, sakit hati satu sama lain. Tapi itu adalah karunia. Itulah arti dari hidup dalam keluarga. Anda harus berlatih sakit hati, agar anda bisa memberikan cinta yang baik bagi orang lain. Anda harus merasakan bahwa anda pernah melakukan kesalahan agar anda berupaya lebih baik. Begitupuun dengan mereka. Bahkan, keluarga besarnya pun tak sesempurna seperti yang dipikirkan. Terlalu banyak sakit yang timbul, terlalu banyak tangsi yang akan bermunculan jika itu diceritakan. Namun, ini adalah kenyataan, karena temaan hidup ini adalah masalah hidup dan kecemasan. Untuk itulah bawalah ALLAH dalam hidup mu dan  tegakan kepala mu dalam setiap masalah, dan ingat, hanya ALLAH lah harapan-mu......:)

Yups,,,,ternyata ada yang kelupaan. Gue lupa ceritain adik mereka, ya, si Nayla tadi. Gue akan ngeringkasnya. Dia seumur gue. Dulu anaknya rajin banget, sumpah sampai SMA aja, dia alim banget. Jarang ke luar rumah, rajin belajar, rajin membantu orang tua, rajin shalat dan puasa, ga tahu yang namanya bohong, pokoknya 100% alim banget. Namun, hidupnya mulai berubah ketika dia kuliah. Gue ga tahu syaitan apa yang telah merasuki dia. Dia berubah. Jadi tukang bohong banget, ga tanggung-tanggung sering nipu ama orang tuanya dan kakaknya, bahkan rela nipu bayar SPP 3 juta padahal cuman 1,5 juta doang. Parahnya lagi dia juga nipu ke om, tante, dan semua orang yang meminta bantuan dia. Jadi pecundang, penakut, sombong setengah mati, ngakunya orang kaya, padahal biassa aja, gila jabatan banget, gila cowok, dan bahkan rela*******sensor*******. Dan parahnya lagi dia udah ga shalat. Intinya dia berubah 1.000.000, alias satu juta persen, dari yang gue kenal. Singkat kata, gue mau billang bahwa hidup ini adalah sebuah rollercoaster, bak badai yang dateng. Loch harus punya amunisi yang besar untuk menghadapi semua ini, hidup ini cuman ada satu kunci jika loch berani bermimpi, loch harus berani sakit, loch harus berani disayat, dan loch harus berani ngerasain dinginnya malam. sebelum orang tua loch biang bahwa mereka nyesel ngelahirin lochhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

Okay, sebeum gue akhirin cerita ini gue cuman mau bilang bahwa alasan gue nulis adalah agar semua yang baca bisa ambil isi dari cerita ini. Gue cuman bisa cerita apa yang gue lihat, apa yang pernah terjadi dalam hidup orang lain yang bisa gue bagi pesannya. Jangan pernah loch nutup mata dan ngerasa bahwa hidup loch paling sial, karena loch bukan penghuni satu-satunya planet ini, tapi loch cuman punya loch satu di dunia ini, ga bakal ada orang yang sama dengan kita.....so,,,,,keep ypur spirit and enjoy your life, GUYYYSSSSS.....:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar