Sabtu, 09 Januari 2016

perbedaan KTSP dan K13

Kurikulum Pendidikan 
1) KTSP
Secara garis besar dapat dikatakan bahwa kurikulum adalah seperangkat rencana, aturan yang disusun sebagai arah dalam kegiatan belajar mengajar. Kurikulum yang digunakan pada tahun 2010 hingga 2012 adalah KTSP sesuaiyang dengan Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Arahan dari aturan tersebut berisikan tentang perlunya disusun dan dilaksanakan standar nasional pendidikan yang terdiri atas: standar isi, standar proses, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan, standar pembiyayaan dan standar penilaian pendidikan.  
Belum pudar dalam ingatan kita bahwa menjelang era pergantian Menteri Pendidikan, terjadinya pergantin kurikulum pendidikan dari KTSP manjadi kurikulum 2013. Berbagai pro dan kontra timbul dalam menilai kurikulum ini seperti masih belum adanya sosialisasi yang lengkap dari kurikulum itu sendiri, dan masih banyak civitas akademik yang juga belum paham mengenai kurikulum ini. Namun, bagi pihak yang terlibat dalam proses pembuatan kurikulum 2013 menilai bahwa kurikulum ini setidaknya lebih baik daripada kurikulum terdahulu karena akan menuntut guru untuk lebih kreatif dalam mengajar dan memaksa guru untuk mencari solusi yang lebih tepat dalam memberikan materi yang efisien kepada peserta didik. 
Kurikulum KTSP merupakan pengembangan dari KBK. KTSP mulai diterapkan pada tahun ajaran 2006/2007. Dalam KTSP ini sekolah diberikan kewenangan untuk mengembangkan kompetensi dasar dan standar kompetensi dalam materi pembelajaran sesuai dengan kondisi para siswa. Sehingga KTSP seolah memiliki kelebihan dalam menuntut guru untuk lebih kreatif dalam mengajar. 
Dalam penyelenggaraan pendidikan sangat dibutuhkan  komponen pendidikan lainnya seperti tenaga pendidik, peserta didik, lingkungan, alat-alat pembelajaran yang baik dan mendukung, kurikulum dan fasilitias lainnya sehingga dapat tercipta kegiatan belajar mengajar yang baik. KTSP mempunyai beberapa landasan, landasan tersebut adalah :
a. UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
b. PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
c. Permendiknas No. 22/2006 tentang Standar Isi
d. Permendiknas No. 23/2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan
e. Permendiknas No. 24/2006 tentang pelaksanaan Permendiknas No. 22 dan 23/2006
Secara garis besar KTSP lebih ditekankan pada partisipasi guru dalam mengembangkan kurikulum peserta didik sesuai dengan kondisi real masyaarkat dan mengurangi berbagai jumlah pelajaran yang dirasakan kuranglah penting. KTSP memiliki ciri yaitu mengembangkan kompetensi peserta didik, maupun nilai sosial yang ada dalam diri siswa sehingga peserta didik mengetahui passion yang ada dalam dirinya. Berorientasi pada hasil belajar (learning outcomes).  Berikutnya adalah menggunakan metode dan teknik yang berbeda. Dan karakteristik yang teraakhir adalah berorientasi pada proses dan hasil. Seperti yang telah dijelaskan di atas sebelumnya bahwa KTSP dan KBK memiliki perbedaan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar sehingga guru memiliki tugas untuk mengembangkan indikator dan materi pokoknya sendiri. Untuk itulah keberhasilan sebuah sekolah terletak pada kemampuan kepala sekolah dan guru yang mengaturnya. 
Adapun kelebihan dari KTSP:
*mendorong tercipanya sistem pendidikan yang otonomi dan kreatif
*dapat memberikan keleluasaan pada sekolah untuk menitikberatkan pada mata pelajaran yang acceptable dan sesuai dengan kebutuhan daerah yang bersangkutan
Selain kelebihan, adapun kelemahan dari KTSP: 
*kurangnya SDM yang dimiliki pendidik akan sangat susah untuk menjelaskan inti dari materi itu sendiri dan akan sangat mempersulit guru dalam menyusun kompetensi dasar dan standar kompetensi

*masih banyak para pendidik yang belum memahami secara komprehensif inti dari KTSP

2) Kurikulum 13
Inti dari kurikulum 13 adalah adanya upaya untuk penyederhanaa, tematik-integratif. Selain itu K13 bertujuan untuk menciptakan peserta didik yang mampu berobservasi, pandai dalam bertanya dan berkomunikasi dengan baik. Adapun aspek yang menjadi penekanan dalam k13 adalah fenomena alam, sosial, seni dan budaya. Melalui k13 ini diharapkan peserta didik mampu menjadi genrerasi yang kreatif dan bersaing di era global. Pelaksanaan k13 merupakan kualifikasi dari kompetensi sikap, keterampilan dan pengetahuan yang dimiliki. 
K13 merupakan kurikulum yang didasarkan pada kompetensi yang telah disusun dalam Standaar Kompetensi Lulusan.  Dalam k13 dapat diuraiakan beberapa aspek, seperti: dalam isi atau konten kurikulum terdiri atas beberapa aspek, yaitu: kompetensi ini dan kompetensi dasar dari mata pelajaran. Kompetensi inti merupakan gambaran secara kategorial mengenai kompetensi sikap, keterampilan (kognitif, psikomotor), dan pengetahuan  dalam sebuah mata pelajaran. Sedangkan Kompetensi Dasar (KD) adalah sebuah kompetensi yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk tema tertentu.  Kurikulum 13 ini didesign untuk menciptakan wawasan peserta didik yang tetap menghargai kebudayaan lokal.  Dalam k13 ini sangat mendorong terciptanya peserta didik yang dapat mengembangkan prestasi dan segala kemampuan yang dimiliki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar